Kuliner khas Kota Bumi Mina Tani

Foto by : Google


Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah hanya  mengenal  beberapa jenis kuliner ala jawa tengah seperti gudeg, soto kudus dan garang asem.  Namun siapa sangka dari beberapa makanan tersebut ada berbagai macam kuliner yang belum dikenal oleh masyarakat, salah satunya yaitu kuliner dari Kota Pati.

Kota yang terletak di wilayah pesisir pantura berada di lereng pegunungan Muria berbatasan dengan kabupaten Kudus, Jepara dan Rembang, ternyata memiliki berbagai macam kuliner yang wajib dicoba pada saat kalian berkunjung di kota ini. 


      1. Sego Gandul

Foto By Google
Sego gandul atau biasa disebut dengan nasi gandul. Nasi gandul merupakan makanan berkuah yang berwarna merah kecoklatan, yang dilengkapi dengan daging, lidah, dan jeroan sapi yang disajikan di atas piring yang dialasi dengan daun pohon jati ataupun daun pisang.

Kata gandul, merupakan bahasa jawa yang jika diartikan bermakna menggantung. Istilah itulah yang menjadi ciri khas para penjual nasi gandul waktu itu masih menggunakan pikulan untuk berjualan meski sudah memiliki warung tetap.

Makanan ini banyak terdapat di alun-alun kota pati pada saat siang maupun malam hari yang pasti dengan harga yang sangat terjangkau.

 2.   Soto Kemiri

Foto By Google
Soto ini berbeda dari soto santan lainnya, yang membuatnya beda yaitu cara penyajiannya dan juga lauk yang disajikannya. Nasi putih yang dihidangkan di dalam mangkuk berukuran kecil yang disiram dengan kuah sotonya, sedangkan lauknya menggunakan ayam muda.

Namun kenapa dinamakan soto kemiri? Pada zaman dahulu dimana penduduk desa kemiri kecamatan pati, kebanyakan merupakan warga yang kurang mampu maka mereka tidak sanggup membeli bahan pokok berupa daging sapi ataupun daging ayam, sehingga masyarakat Pati membuat suatu olahan soto dengan menggunakan kemiri sebagai bahan untuk menggantikan daging sapi atau daging ayam.


3Sego Tewel

Foto By Google
Sego Tewel merupakan makanan yang berasal dari kecamatan Tambakromo, makanan ini disajikan diatas piring yang dialasi daun jati lalu  disiram dengan sayur lodeh nangka berwarna putih, tidak hanya itu saja Sego Tewel juga biasa dilengkapi dengan gorengan. Kebanykan masyarakat desa Tambakromo dan sekitarnya menyatap sego tewel ini pada pagi hari dan dalam keadaan hangat.

4. Getuk Runting



Foto By Google 
Getuk Runting merupakan jajanan pasar yang berada di desa Runting kabupaten Pati. Yang membedakan getuk ini dari getuk biasanya yaitu Getuk ini memiliki cita rasa yang manis, pulen, empuk, dan sedikit lengket, tidak hanya itu saja getuk ini diberikan taburan parutan kelapa dan serundeng di atasnya yang membuat cita rasa getuk semakin terasa dan berbeda dari getuk biasanya.

5. Petis Runting

Petis Runting ini makanan khas Desa Runting yang berada di kabupaten kota Pati. Makanan yang berbahan daging kambing muda. Yang sensasinya mirip dengan gulai kebanyakan, namun bedanya Petis Runting lebih kental  karena dicamur dengan tepung beras dan kuahnya gelap, dan biasanya masyarakat desa disana menyantapnya dengan sate kambing tanpa menggunakan nasi.

Gimana tertarik untuk mencicipi kuliner khas dari kota ini, tenang harganya sangat pas untuk kalian para backpacker.

Komentar